http://lotionaeuko.net/mitos-spf-dan-faktanya/

Mitos SPF. Tahukah anda bahwa efek pajanan radiasi sinar ultraviolet secara berlebihan mempunyai dampak buruk bagi kulit kita, misalnya kulit terbakar,memicunya penuaan dini, bahkan terkena penyakit kulit ganas, termasuk kanker. Sekarang banyak produk tabir surya yang ditawarkan produsen sebagai penangkal radiasi jahat tersebut dengan kadar tingkatan SPF tertentu.

Nah sebenarnya apa sih SPF itu? SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, yang dikenal indikator dari berapa lama Anda dapat tinggal di bawah sinar matahari tanpa terbakar. Contoh gampangnya bila kulit biasanya akan terbakar dalam 15 menit, lotion dengan SPF 15 akan memungkinkan mereka berada di bawah sinar matahari 15 kali lebih lama ( 225 menit) tanpa terbakar.

Fakta dan Mitos SPF

Tabir surya dengan kadar SPF tertentu sangatlah baik, tetapi permasalahan muncul ketika orang berpikir dan memakainya secara berlebihan. Tidak cukup memakai tabir surya saja, kita tetap harus memakai baju, topi, dan kacamata untuk membantu melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari.

Disini kita akan membahas beberapa mitos SPF pada tabir surya, berikut penjelasan mitos SPF:

Beberapa Fakta dan Mitos SPF

1. Mitos: Tidak perlu memakai tabir surya saat berawan atau pun mendung

Fakta: Mitos tersebut salah, awan tidak memberi perlindungan penuh pada kulit, sinar matahari dapat menembus sampai 80% bila terhalang awan.

2. Mitos: Orang kulit gelap tidak perlu memakai tabir surya

Fakta: Orang kulit gelap mempunyai sekitar SPF 4, tapi tetap saja membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit.

3. Mitos: SPF 30 memiliki perlindungan dua kali lebih efekĀ­tif dari pemakaian SPF 15.

Fakta: SPF 2 saja sudah memiliki 50% perlindungan terhadap sinar UV B. Jadi, krim dengan SPF 5 saja sebenarnya sudah cukup. Tetapi, bila aktivitas kamu sangat padat di luar ruangan bahakan sampai berjam-jam, SPF 15-30 akan mengamankan kulit dari risiko kanker kulit di kemudian hari.

4. Mitos: Produk tabir surya yang waterproof, pemakaian tabir surya tidak perlu dilakukan berulang.

Fakta: Water resistant bisa, namun pemakaiannya tetap harus diulang dalam beberapa jam, tergantung jenis produk tabir surya yang digunakan.

5. Mitos: Tabir surya dengan SPF tinggi merupakan satu-satunya yang dibutuhkan untuk perlindungan terhadap pajanan matahari.

Fakta: Tabir surya tidak dapat memberikan perlindugan penuh,bahkan bertahan lebih dari 2 jam diluar ruangan. Selain itu pemakaian tabir surya harus dibarengi memakai pelindung lainnya seperti baju ,topi dan kacamata dan sesekali usahakan cari tempat untuk berteduh.

Sekarang sudah tahu kan mitos SPF seperti apa saja, semoga artikel ini dapat memberi manfaat. Terima kasih.